Saturday, 14 May 2016

CARAMEL CHICKEN

Perdana bikin ini. Rasanya enak loooh..yakin deh yang nggak jago masak pun kayaknya bisa bikin ini. Pada intinya sih ini cuma ayam goreng yang dibikin manis tapi kering-kering lengket. Yuk, coba?!


Bahan-bahan yang diperlukan: 
  • bawang putih (diiris-iris atau dicincang)
  • bawang merah (diiris-iris)
  • garam
  • lada/ merica
  • mentega/ margarine
  • minyak goreng
  • minyak wijen/ olive oil (minyak zaitun) (di-skip aja juga nggak apa-apa)
  • madu 
  • ayam (boleh kepala, dada, paha, ceker, sayap, asal jangan jeroan ayam)



Cara membuat:
  •  potong-potong ayam menjadi ukuran sedang atau kecil, kemudian cuci bersih;
  • haluskan lada atau merica, beri sedikit garam, campurkan ke potongan ayam, ratakan kemudian simpan dalam kulkas selama 30 menit;
  • panaskan minyak, keluarkan potongan ayam yang telah disimpan di kulkas selama 30 menit, goreng sampai daging ayamnya matang;
  •  panaskan mentega, masukkan irisan bawang putih dan merah, masukkan potongan ayam goreng, aduk-aduk rata, masukkan madu, minyak wijen/ minyak zaitun, aduk-aduk, tambahkan sedikit air, garam (jangan banyak-banyak karena ayam sudah asin dari mentega), aduk-aduk sampai ayamnya berkaramel, koreksi rasa, angkat, sajikan.
Nah? Gampang kan gampang kaaaan? Enggak yah? tapi setidaknya ini worhty loh buat dicoba. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Kalau kamu nggak punya minyak wijen atau minyak zaitun, bisa di-skip dan diganti sedikit minyak goreng. sedikiiiitttt aja. 
Oh iya untuk takaran seberapa banyak bawang putih, merah, garam, madu, minyak, air, dan lain-lain, cukup dikira-kira aja sesuai selera. makin banyak bawangnya makin sedap kok, asal jangan terlalu aja. Kalau saya biasanya takaran untuk masak apapun, bawang merah : bawang putih = 2:1 atau 1,5:1. Selamat mencoba yaaah :*

No comments:

Post a Comment