Thursday, 9 July 2015

SAAT KEBOSANAN MELANDA

Ramadhan Kareem.. Marhaban Yaa Ramadhan...
Kehadiran bulan Ramadhan disambut dengan antusias oleh umat Islam, tak terkecuali saya. Euphoria rutinitas bangun sahur, memasak hidangan untuk sahur dan berbuka puasa seolah menjadi kesenangan tersendiri bagi saya. Beberapa hari sebelum bulan penuh rahmat tiba, saya bahkan sudah mulai menyusun dalam angan-angan menu apa yang akan saya siapkan untuk berbuka puasa di hari pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

Namun demikian, seiring dengan berlalunya hari, saya mengalami kejenuhan. Bukan jenuh dengan aktivitas memasaknya melainkan jenuh membayangkan setiap hari harus makan nasi dengan lauk pauk. bukannya tidak bersyukur, hanya saja saya memang tipe pembosan. Kalau di hari-hari biasa saya bisa bebas untuk lebih bereksperimen karena setiap anggota keluarga di rumah tidak selalu makan bersama dengan menu makanan yang harus bisa dinikmati bersama. Setiap orang mempunyai jadwal makan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan ritme kerja serta makannya sendiri-sendiri. Di bulan Ramadhan ini tentu berbeda, karena begitu adzan maghrib berkumandang, kami semua biasanya sudah ada di rumah dan berhenti beraktivitas rutin, kemudian berbuka puasa di rumah. Otomatis, menu berbuka puasa yang disediakan pun harus bisa dinikmati bersama dan lebih bersifat general.

Pikir punya pikir, saya pun mulai membuka-buka kulkas, lemari bumbu dan persediaan bahan makanan. Dan dari kulkas saya menemukan sayur-sayuran standar yang hampir setiap hari selalu ada di rumah seperti wortel, kol, daun bawang, tomat dan kebetulan hari itu ada kembang kol dan ayam goreng suwir sisa bahan membuat soto. Dari lemari persediaan bahan makanan saya melihat ada mie telor. Seketika saya berpikir untuk membuat I Fu Mie atau Mie Siram. Menu ini mudah memasaknya dan tidak membosankan karena sejak hari pertama berbuka puasa, kami selalu makan nasi, belum menyentuh menu mie sama sekali. Padahal di rumah ini semuanya termasuk bisa menerima mie sebagai pengganti nasi. Akhirnya, jadilah kemarin saya membuat I Fu Mie Gampang Ala-Ala. Ini dia bahan-bahan dan cara membuatnya:

























  • Bahan-bahan yang diperlukan:
  1. wotel, iris serong;
  2. kol, iris sesuai selera;
  3. daun bawang, iris memanjang;
  4. kembang kol, iris per kuntum;
  5. tomat, iris sesuai selera;
  6. bawang merah, iris tipis-tipis;
  7. bawang putih, iris tipis-tipis; 
  8. ayam goreng suwir (hanya tambahan, bisa diganti bakso, sosis, kembang tahu, kekian, atau tidak usah sama sekali);
  9. merica bubuk;
  10. garam;
  11. gula;
  12. tepung maizena yang dilarutkan dalam air (sedikit saja);
  13. saus tiram;
  14. minyak goreng;
  15. air.
  • Cara membuat:
  1. panaskan minyak, masukkan mie telor mentah, goreng sampai kekuningan dan renyah, tiriskan;
  2. panaskan kembali minyak goreng, masukkan bawang putih dan merah, tumis sampai harum;
  3. masukkan wortel dan ayam goreng suwir, tumis sampai wortel setengah matang, masukkan garam, gula pasir, merica bubuk, masak sampai wortel mulai matang;
  4. masukkan kembang kol, masak sampai setengah matang, tambahkan air, masak sampai mendidih, tambahkan saus tiram, aduk-aduk agar merata, masukkan larutan tepung maizena, aduk rata, masukkan kol, tomat dan daun bawang, masak sampai matang dan mendidih;
  5. tuangkan sayuran berkuah tersebut ke mie telor yang sudah digoreng kering, sajikan.

1 comment: