Saturday, 16 November 2013

BEETROOT

Beetroot atau dikenal sebagai buah bit, adalah sejenis umbi berwarna merah darah. Buah bit biasa digunakan untuk campuran makanan karena warna merahnya yang pekat dan menarik. Buah ini biasanya juga dibuat jus, salad dan sup.

Selain warnanya yang mencolok, beetroot yang berasal dari Mesopotamia dan belakangan menyebar ke daratan Asia serta Eropa ini memiliki banyak manfaat, antara lain menurunkan hipertensi dan memelihara kesehatan jantung dan hati, meningkatkan stamina dan melancarkan peredaran darah, mencegah anemia karena mengandung zat besi yang tinggi sehingga cocok untuk ibu hamil, membantu pembuangan racun dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, mencegah wasir dan memperlancar buang air besar, mengandung anti oksidan yang tinggi untuk meringankan masalah kanker, dan lain-lain.

Sekilas, beetroot yang belum dikupas, bentuknya mirip dengan bengkuang. Begitupun setelah dikupas, teksturnya mirip bengkuang namun berwarna merah darah. hati-hati karena warna merahnya mudah menempel jika bersentuhan dengan tangan, pakaian dan apapun.Selagi mentah, rasa dan teksturnya jika dimakan mirip dengan wortel mentah hanya saja sedikit lebih manis.
Beetroot yang belum dikupas  







Beetroot mentah yang telah dikupas
Kali ini saya iseng-iseng mencoba resep Tumis Beetroot yang kata teman saya bumbunya seperti tumisan biasa hanya tinggal ditambahkan cabai kering atau cabai bubuk dan daun kari agar rasanya seperti curry ala Jepang. Tapi sayangnya saya tidak menemukan daun kari di tempat-tempat perbelanjaan di kota saya. Akhirnya saya coba dengan bahan-bahan seadanya saja. Ternyata tanpa daun kari pun rasa tumis beetroot saya masih manusiawi. Hehehe... Nggak percaya? Coba saja! Ini dia bahan-bahan dan cara membuatnya.



TUMIS BEETROOT


Bahan :

beetroot(buah bit), sesuai kebutuhan
bawang bombay (sedang), secukupnya
bawang putih, secukupnya
1 buah tomat matang (sedang)
cabai bubuk, secukupnya
1 tangkai daun kari (kalau ada)
garam, secukupnya
chicken cube/ penyedap, secukupnya


Cara membuat :
  
1. Kupas beetroot, cuci lalu potong seperti korek api tapi lebih besar. sisihkan.
Belah dua bawang bombay kemudian iris memanjang. Iris juga bawang putih dan tomat.

2. Tumis bawang bombay hingga layu, lalu masukkan bawang putih dan daun kari. Setelah agak kecoklatan masukkan cabai bubuk. Aduk sebentar lalu masukkan tomat.

3. Masukkan beetroot sambil diaduk pelan, tambahkan sedikit air lalu tutup. Masak dengan api kecil.

4. Setelah beetroot layu, masukkan garam dan chicken cube/ penyedap. Tutup lagi, biarkan chicken cube meleleh.

5. Terakhir, aduk lagi agar garam dan semua bumbu merata, matangkan.



Tips:
Potong beetroot terakhir setelah semua bahan diiris terlebih dahulu. Hati-hati dengan warna merahnya yang dapat menodai pakaian Anda. Setelah selesai segera cuci tangan.

Tumis beetroot lebih sedap lagi jika sudah 'diinapkan' karena bumbu2nya semakin meresap, seperti sayur gudeg.



Tumis Beetroot



No comments:

Post a Comment