Friday, 7 June 2013

Sore So Santai

Sore-sore, mendung-mendung romantis, ada buku bacaan, males keluar, laper tapi nggak laper-laper banget..adalah alarm untuk mengunjungi teman-teman yang ada di kulkas. Soooo...setelah gratakan kurang dari 3 menit, ditemukanlah bahan-bahan berikut ini yang menarik perhatian:
- 1 buah brokoli
- 1/2 buah naga putih
- 1 buah pisang
- 2 buah terong ungu
- telur-telur ayam
Selanjutnya gratakan lagi ke lemari penyimpanan bumbu-bumbu dan berbagai bahan penyedap masakan, ditemukanlah tepung bumbu serbaguna yang seolah menari-nari menggoda minta dicomot.
Dan akhirnya pemirsaaa...sayapun mengelompokkan bahan-bahan tersebut menjadiiiii....

iniiii...




















dan iniiii....













Kelompok pertama adalah bahan-bahan untuk membuat terong goreng tepung. Ada terong, telur, tepung bumbu serta garam dan gula untuk menyeimbangkan rasa. Kalau tidak ada tepung bumbu, tepung terigupun bisa dipakai. Tapi karena lebih praktis dan kebetulan tersedia, saya pilih tepung bumbu deh. Cara membuatnya gampang.. terong dicuci lalu dipotong bundar-bundar, kemudian telur ayam dikocok seperti akan membuat telur dadar. Kemudian tepung dicampur dengan gula dan garam (kalau sudah menggunakan tepung bumbu, gula dan garam sebetulnya tidak terlalu diperlukan). Selanjutnya terong yang sudah dipotong-potong dicelupkan ke kocokan telur, setelah itu dimasukkan ke dalam tepung, kemudian dicelupkan lagi ke kocokan telur, baluri lagi dengan tepung dan goreng lalu angkat. Kenapa harus 2kali dicelupkan ke kocokan telur dan dibaluri tepung? Ini supaya menghasilkan terong goreng tepung yang crispy. Inilah hasilnya! Jreng! Jreeeeng!!!
















Nggak lengkap ya ada yang crispy tapi belum ada minumannya. Nah! Bahan-bahan di kelompok kedua, saya sulap abraaaakadabraaaaaa menjadi jus brokoli pisang naga yang terdiri dari buah naga putih (kalau ada buah naga merah, akan lebih cantik warnanya ^.^  ), brokoli, dan pisang serta madu sebagai pemanis. Karena bahan-bahannya sudah dingin hasil dari penyimpanan di kulkas, saya tidak memakai es batu dan air. Cukup mengandalkan kandungan air dari buah naga.  Untuk komposisinya saya tidak menggunakan aturan, hanya saja bagi yang tidak suka aroma langu atau semacam aroma khas sayuran dari brokoli, berarti komposisi pisang dan buah naga yang dicampurkan harus lebih banyak dibanding brokoli agar tidak langu. Setelah yakin dengan komposisinya, masukkan daging buah naga, daging buah pisang dan brokoli (tanpa batang) ke dalam blender, tambahkan madu sesuai selera (tanpa madupun sudah cukup manis dari pisang dan buah naga), lalu blend. Taraaaaaaaaaaa!!!! Jadilah seperti ini:

















Selamat soreeee :))

No comments:

Post a Comment