Wednesday, 1 May 2013

INACRAFT


Dari namanya mungkin bisa ditebak bahwa ini adalah acara pameran kerajinan. Yup! Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar Indonesia yang diadakan setahun sekali di JCC Jakarta tiap bulan April. Untuk Inacraft 2013 telah diselenggarakan pada tanggal 24-28 April 2013. Thank God, i was lucky to be there. Karena bagi saya, inacraft ini ibarat surga kerajinan di mana kita bisa melihat dan membeli barang-barang kerajinan produksi Indonesia tanpa harus mengunjungi daerah asal pembuatannya satu-persatu. Cukup dengan membeli tiket Rp.20.000,00 di loket, mulai jam 10 pagi kita sudah bisa menjelajah Indonesia.

Inacraft diikuti oleh pengusaha kerajinan atau pengrajin itu sendiri dari pengrajin kecil hingga pengusaha besar dari seluruh Nusantara. Di sini kita bisa melihat betapa kreatifnya anak bangsa Indonesia menciptakan berbagai produk dan aksesoris, busana, interior, eksterior, souvenir sampai mainan yang lucu, cantik yang unik dan limited edition. Bahannya-pun tidak terbatas, seperti dari batu, kayu, kain, tenun, serat alam, batik, dan sebagainya. Brand yang akan tampil-pun berbagai macam dari yang belum terkenal sampai yang sudah terkenal. Harga barang yang ditawarkan juga bervariasi. Bisa dijangkau oleh berbagai kalangan dari yang berkantong tipis sampai yang berkantong tebal.

Selain bisa melihat dan membeli hasil kerajinan yang bagus-bagus, sebagian dari kita juga bisa terinspirasi untuk mengembangkan usaha sesuai dengan hobi yang selama ini ditekuni. Bukannya tidak mungkin suatu saat kelak ada dari kita yang menjadi salah satu peserta Inacraft mendatang.
 
Banyak cara untuk ikut dalam pameran ini. Selain mandiri sebagai pengusaha atau berkolaborasi dengan pengusaha lain, juga bisa melalui mitra binaan instansi atau tergabung dengan asosiasi. Jadi tidak harus mereka yang bermodal selangit yang bisa ikut pameran ini.

Selain -pameran, ada juga event lain yang bisa diikuti di Inacraft 2013, antara lain:
  • Opening Ceremony
  • Display Product Handicraft
  • Business Contact / Business Meeting
  • Demo Product from various kind of Handicraft
  • Business Consultation
  • Products Design & Quality Competition
  • Seminar
  • Fashion Show
  • Buyers night
Nah, untuk yang belum sempat berkunjung ke inacraft 2013, masih ada kesempatan tahun depan. Dan ini dia beberapa gambar yang sempat saya ambil ketika berkunjung ke inacraft 2013. Semoga bisa sedikit mengobati rasa penasaran, yaaa... :))



Batik, tenun dan sarung Tegal


Lampu duduk dan dinding dari bahan kulit kerang


Teapot Set yang dibatik menggunakan canting


Kata pemilik stand, ini hasil karya narapidana di Nusakambangan. Salut!


Kain tenun Maluku. Motifnya sedang tren. Sering digolongkan dalam motif tribal karena coraknya yang berwarna terang, gambar tegas, dan sangat mengesankan etnik.


Kebaya Encim atau Kebaya Nyonya, warisan budaya peranakan. Bordirnya dikenal dengan bordir kerancang.




Reog-nya, Jawa Timur banget dooong?


Salah satu produk stand pakaian anak-anak. Suka aja sama tulisan di T-shirt nya. :))

Salah satu stand desainer. I love the romantic pastel theme. :))
Bukan cuma Eyang Subur, Kalimantan juga punya kerajinan dari kristal dan batu-batuan begini!

No comments:

Post a Comment